Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog

10 Cara Mengobati Batuk Kering Dan Berdahak Dengan Ramuan Tradisional

May 21 2018 , Written by Dadang Setiadi Published on #Obat Batuk Kering Alami Di Jakarta, #Obat Batuk Berdahak Tradisional Dari Alam, #Cara Mengobati Batuk Kering Dengan Ramuan Herbal, #Nama Obat Batuk Kering Dan Berdahak Terbaik Di Semarang, #Obat Herbal Batuk Kering Berdarah Paling bagus

10 Cara Mengobati Batuk Kering Dan Berdahak Dengan Ramuan TradisionalBatuk merupakan salah satu refleks tubuh untuk mengeluarkan zat yang berbahaya seperti bakteri atau benda asing. Sayangnya, bentuk perlindungan tubuh ini kadang mengganggu aktivitas. Untuk itu, kamu butuh tahu cara mengobati batuk berdahak yang tepat agar kembali nyaman. Batuk berdahak biasanya muncul saat mengalami penyakit flu, alergi, atau infeksi. Penyakit ini dapat diderita di segala usia. Dahak adalah lendir di saluran pernapasan yang berfungsi untuk memerangkap debu, alergen, dan virus. Saat sakit, lapisan lendir akan menebal, lebih lengket, terasa menggantung di belakang tenggorokan dan menghambat jalan napas. 

batuk jarang mengindikasikan penyakit serius dan umumnya akan sembuh dalam waktu tiga minggu, sehingga tidak membutuhkan pengobatan. Keefektifan obat batuk juga belum terbukti sepenuhnya. Ramuan buatan sendiri seperti air madu dan lemon bisa membantu meringankan batuk ringan.

Jenis-jenis Batuk

Jenis-jenis batuk dibedakan menjadi batuk berdahak dan batuk kering. Batuk berdahak dikenal dengan istilah batuk produktif karena batuk ini disertai dengan meningkatnya produksi lendir atau dahak di tenggorokan. Sedangkan batuk kering dikenal dengan istilah batuk nonproduktif karena batuk ini tidak disertai dengan dahak. Tanda-tanda awal batuk kering biasanya adalah rasa gatal di tenggorokan yang memicu batuk. Batuk tanpa dahak ini biasa terjadi pada tahap akhir pilek atau ketika ada paparan bahan iritan.

Tanda-tanda awal batuk kering biasanya adalah rasa gatal di tenggorokan yang memicu batuk. Batuk tanpa dahak ini biasa terjadi pada Pada kasus yang berdahak, batuk justru sangat membantu karena berfungsi mengeluarkan dahak. Dahak tersebut bisa berasal dari tenggorokan, sinus, serta paru-paru.tahap akhir pilek atau ketika ada paparan bahan iritan. Pada kasus yang berdahak, batuk justru sangat membantu karena berfungsi mengeluarkan dahak. Dahak tersebut bisa berasal dari tenggorokan, sinus, serta paru-paru. Selain itu, terdapat juga istilah batuk alergi, yang umumnya merupakan batuk kering, dan batuk yang menyertai flu, yang bisa muncul baik dalam bentuk batuk kering maupun berdahak.

Penyebab Batuk

Infeksi saluran pernapasan akibat virus adalah penyebab utama pada sebagian besar pengidap. Di samping itu, ada beberapa penyebab batuk lain yang meliputi:

  • Penyakit jangka panjang yang kambuh, misalnya asma, Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), atau bronkitis kronis.
  • Rinitis alergi, misalnya alergi terhadap serbuk sari (hay fever).
  • GERD. Penyakit ini menyebabkan asam lambung berkumpul pada esofagus dan memicu batuk.
  • Cairan dari hidung yang menetes ke tenggorokan.
  • Merokok atau menggunakan tembakau dengan cara lain.
  • Paparan debu, asap, serta senyawa kimia.

Meski jarang terjadi, faktor-faktor di atas tetap bisa menjadi penyebab awal dari penyakit yang menyebabkan batuk jangka panjang.

Diagnosis Batuk

Dokter akan menanyakan gejala dan memeriksa kondisi fisik Anda. Riwayat medis Anda dan keluarga juga akan ditanyakan pada awal pemeriksaan. Jika tidak yakin dengan penyebab batuk Anda, Dokter kemungkinan akan menganjurkan pemeriksaan lebih lanjut yang berupa:

  • Pengambilan sampel dahak untuk menentukan adanya infeksi bakteri dan jenis antibiotik yang akan diberikan jika batuk disebabkan oleh bakteri.
  • Rontgen dada untuk memeriksa entah Anda mengalami infeksi paru-paru.
  • Spirometri, yaitu prosedur menarik dan menghembuskan napas lewat tabung yang terhubung dengan mesin. Langkah ini berfungsi untuk memeriksa apakah Anda memiliki penyakit saluran pernapasan atau tidak.
  • Tes alergi untuk memeriksa entah batuk Anda diakibatkan sesuatu yang memicu alergi, misalnya tungau debu.
Pengobatan Batuk

Batuk ringan jarang membutuhkan langkah pengobatan yang serius, cukup diatasi dengan obat batuk untuk meredakan rasa gatal, atau untuk mengencerkan dahak agar lebih mudah dikeluarkan.Namun jika batuk masih berkepanjangan, itu bisa menjadi pertanda adanya infeksi saluran pernapasan yang lebih serius. Konsultasikanlah ke dokter jika Anda mengalami batuk yang parah dan tidak kunjung reda, sehingga pengobatan dapat segera dilakukan.Batuk ringan memang jarang membutuhkan langkah pengobatan tertentu. Namun, segera konsultasikan kepada dokter jika Anda mengalami batuk yang:

  • Lebih dari tiga minggu akibat infeksi virus.
  • Bertambah parah.
  • Disertai darah, kesulitan bernapas, sakit dada, penurunan berat badan tanpa alasan jelas, demam, atau terjadi pembengkakan dan muncul benjolan di leher.

Cara Mengobati Batuk Kering dan Batuk Berdahak Secara Alami

Jeruk nipis dan kecap

Mungkin kamu sudah pernah mendengar obat batuk tradisional yang terbuat dari jeruk nipis dan kecap. Memang benar, sudah banyak yang mengaku sembuh setelah minum jeruk nipis dan kecap. Ramuan ini bahkan sudah turun temurun sejak jaman nenek moyang sampai sekarang.

Cara mengobati batuk dengan jeruk nipis dan kecap:

  • Sediakan satu buah jeruk nipis, kecap secukupnya, dan sendok makan.
  • Campur perasan jeruk nipis dan kecap seperlunya. Lalu aduk sampai rata.
  • Minum secara rutin dua kali sehari sebanyak satu sendok makan.

Lemon

Banyak orang yang sulit membedakan antara lemon dan jeruk nipis. Lemon berbeda dengan jeruk nipis, tetapi mereka memiliki khasiat sama yakni mengatasi batuk kering dan berdahak. Tidak percaya? Buktikan ramuan berikut ini sendiri di rumah!

Cara mengatasi batuk kering dan berdahak dengan lemon:

  • Ambilan satu buah lemon segar, lalu iris sesuai selera.
  • Taburi dengan merica bubuk dan garam pada irisannya.
  • Hisap setiap irisan sampai airnya habis.

Buah anggur

Buah anggur dikenal sebagai sumber antioksidan terbaik untuk menangkal radikal bebas berbahaya. Namun ternyata, dalam anggur juga terkandung sifat ekspektoran yang bisa mengeluarkan lendir dari saluran pernapasan.Atau dengan kata lain, buah anggur bisa kamu gunakan untuk menyembuhkan batuk berdahak. Agar tak bosan mengonsumsi anggur, kamu bisa mengolahnya dalam bentuk jus atau camilan sehat lainnya

Belimbing wuluh

Tahukah kamu apa itu belimbing wuluh? Dulu saya pernah membahas mengenai pengertian dan manfaat belimbing wuluh ini. Yup, ia masih termasuk kedalam keluarga buah belimbing, cuman rasanya lebih masam dari pada belimbing umumnya. Rasa masamnya inilah yang bisa mengobati batuk berdahak dan kering kamu.

Cara menghilangkan batuk dengan belimbing wuluh:

  • Campur beberapa butir belimbing wuluh dengan adas, sedikit gula, dan secangkir air.
  •  Rebus campuran tadi sampai mendidih sempurna. Kemudian saring dan ambil air rebusannya saja.
  • Setelah agak dingin, konsumsilah air rebusan tadi minimal satu kali sehari..

Jus wortel

Beta-karoten dalam wortel akan diubah tubuh menjadi vitamin A yang dapat meningkatkan daya tangkap mata, melindungi kulit dari sinar matahari, dan mencegah berbagai penyakit kulit. Inilah yang jadi alasan kenapa banyak yang menggunakan masker wortel untuk merawat kulitnya.Selain itu, wortel ternyata juga diperkaya dengan kandungan antioksidan tinggi yang bisa menangkal radikal bebas. Kandungan nutrisi lengkapnya inilah yang bisa kita gunakan untuk mengobati batuk. Konsumsilah jus wortel setiap pagi hari sebanyak satu gelas dan sebelum tidur agar hasilnya optimal.


Jahe

Jahe merupakan rempah asli Asia Tenggara yang terkenal berkhasiat menghangatkan tubuh. Sifat hangatnya ini bisa kamu rasakan dengan mengonsumsi berbagai minuman dari jahe seperti susu jahe, teh jahe, wedang jahe, dan masih banyak lagi.Seorang praktisi medis pernah mencoba memakai jahe untuk mengobati flu dan demam dengan memanfaatkan kandungan antihistamin dan decongestant yang ada di dalamnya. Ternyata memang benar, jahe cukup berkhasiat untuk mengobati masalah seputar peradangan.

Cara mengobati batuk berdahak dan kering dengan jahe:

  • Didihkan 12 jahe dalam 3 gelas air selama kurang lebih 1/4 jam.
  •  Saring untuk mendapatkan air rebusannya. Kemudian tambah sedikit madu dan air lemon.
  •  Konsumsilah selagi masih hangat secara rutin sampai batuk sembuh.

Kunyit

Selanjutnya kamu bisa menggunakan kunyit. Berbeda dengan jahe, kunyit menurut saya lebih efektif untuk meredakan batuk berdahak. Kunyit memiliki senyawa mineral yang bisa mengeluarkan dahak di saluran pernapasan.Kamu bisa mengonsumsi kunyit dalam berbagai olahan. Misalnya memasukan bubuk kunyit kedalam susu hangat, teh, sup, ataupun olahan lain. Usahakan mengonsumsi rempah kunyit ketika hangat agar hasilnya maksimal.
 

Merica hitam dan madu

Merica atau lada, ternyata juga efektif sebagai obat batuk berdahak lho. Biasanya bumbu satu ini membuat kita sering bersin-bersin, apalagi ketika tak sengaja menghirupnya. Sifat inilah yang bisa mengeluarkan banyak ingus dari saluran pernapasan kamu ketika batuk berhadak.

Cara menyembuhkan batuk dengan merica dan madu:

  • Ambilan merica halus, kamu bisa membeli atau menumbuknya sendiri.
  • Campur dengan 2 sendok makan madu dalam sebuah gelas ukuran normal.
  • Tuang air mendidih sampai segelas penuh, lalu biarkan 10 menit.
  • Langsung saja minum ramuan tadi dan rasakan kehangatannya.

Gunakan daun mint yang dijadikan teh

Bangsa Jerman sangat mempercayai bahwa daun mint sangat efektif untuk mengobati batuk kering dan berdahak. Biasanya masyarakat disana mengolah daun mint menjadi teh hangat yang cukup nikmat. Meskipun di Indonesia jarang, namun apabila kamu punya tanaman ini tak ada salahnya mencoba.

Cara mengatasi batuk dengan daun mint herbal:

  • Petik daun teh mint seperlunya saja, lalu seduh dengan menggunakan air panas selama kurang lebih 10 menit.
  • Agar rasanya nikmat, tambahkan secukupnya madu dan perasan lemon.
  • Minum selagi masih hangat dan nikmati aroma khasnya.

Daun kemangi

Masih pada dedaunan, berikutnya ada daun kemangi. Daun ini biasanya digunakan pada lalapan agar menghilangkan bau mulut. Tetapi siapa sangka, ternyata kandungan antibiotiknya yang tinggi dapat membantu menyembuhkan batuk kering dan berdahak.Kalau saya pribadi lebih suka mengonsumsi daun kemangi langsung dalam keadaan mentah. Namun bagi kamu yang tak suka, rebuslah daun kemangi secukupnya, kemudian konsumsi air rebusannya secara rutin setiap hari.

Langkah Pengobatan Batuk Kering Dan Berdahak Secara Modern

De Nature Indonesia adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang Obat Tradisional (OT) dari dalam negeri, yang mencoba mengangkat dan menghidupkan kembali budaya Nenek Moyang kita yaitu jamu tradisional sebagai salah satu warisan leluhur budaya bangsa yang perlu di lestarikan. Salah satu produk De Nature adalah paket pengobatan Batuk Berdarah yang terbuat dari ekstrak mengkudu, madu , kunyit dan rempah lainnya yang bisa membantu meringankan penyakit  anda serta menjaga stamina maupun kesehatan lainnya.Sekedar informasi untuk sebuah  kenyamanan pada  konsumen, bahwa produk dari perusahaan kami ini sudah memiliki:

  • Punya ijin resmi perusahaan dari kementrian kesehatan
  • Ijin BPOM, yang artinya sudah lulus uji stabilitas produk
  • Sertifikat Halal MUI, sehingga kehalalannya bisa di pertanggungjawabkan
  • Apoteker yang berpengalaman
  • Sudah melewati proses sortir bahan baku, guna menjaga mutu produk
  • Proses produksi sesuai slur CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional Yang Baik Dan Benar)

Paket Pengobatan Herbal Batuk Berdahak dan Batuk Kering 

SEGERA AMBIL LANGKAH DAN TINDAKAN TERBAIK UNTUK PENGOBATAN PENYAKIT ANDA

ATAU UNTUK MEMUDAHKAN ANDA KLIK TOMBOL DI BAWAH INI

BUAT KAMU JUGA YANG MUSLIM JANGAN KHAWATIR PRODUK KAMI JUGA SUDAH MENGANTONGI SERTIFIKAT HALAL DARI MUI

SERTIFIKAT KETERANGAN BAHWA PERUSAHAAN KAMI TELAH MEMENUHI CPTOB DALAM ASPEK SANITASI DAN HIGIENIS

LEGALITAS PERUSAHAAN KAMI JELAS CV DE NATURE INDONESIA

BEBERAPA BUKTI RESI KIRIMAN KAMI

APALAGI YANG ANDA RAGUKAN

SEGERA KONSULTASIKAN SEMUA KELUHAN YANG SEDANG ANDA RASAKAN PADA KAMI JANGAN TAKUT DAN MALU KARENA PRIVASI ANDA KAMI JAGA DENGAN BAIK

SALAM SEHAT DARI KAMI CV DE NATURE INDONESIA

HIDUP SEHAT KEMBALI KE ALAM

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN NYA

 

Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post